Gaya Hidup

STAHN Mpu Kuturan Berupaya Bangun Ekosistem News Anchor Di Buleleng

Singaraja – Kemampuan public speaking juga menjadi keterampilan kunci dalam era di mana komunikasi publik menjadi semakin penting dalam berbagai konteks. Oleh karena itu, Mahasiswa semester IV kelas A dari Prodi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja, melaksanakan kegiatan seminar RECOM (Resonance Communication) yang merupakan luaran projek mata kuliah Event Organizer pada Selasa, (11/6).

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh perkembangan arus informasi yang begitu pesat. Peran news anchor dan praktisi Broadcasting semakin penting dalam menyampaikan berita secara tepat, cepat, dan kredibel kepada masyarakat.

Kegiatan seminar RECOM (Ressonance Communication) ini dihadiri oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu, I Komang Agus Widiantara, M.I.Kom. Kemudian turut dihadiri oleh I Gusti Agung Ngurah Agung Yudha Pramiswara, S.S.,M.Si yang merupakan  dosen pengampu mata kuliah Event Organizer. Seminar ini diikuti oleh 80 peserta dari tingkat SMA/SMK serta dari kalangan mahasiswa di beberapa perguruan tinggi di Singaraja. Seperti perwakilan siswa dari SMAN 4 Singaraja, perwakilan SMAN 2 Singaraja, perwakilan SMAN 1 Singaraja, perwakilan SMK TI Global Singaraja, serta perwakilan dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) STIE Satya Dharma.

Seminar ini juga turut mengundang peserta dari internal kampus, yakni perwakilan BEM ((Badan Eksekutif Mahasiswa) dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), Perwakilan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Dharma Duta serta perwakilan mahasiswa dari Program Studi Ilmu Komunikasi Hindu, Manajemen Ekonomi, serta Pariwisata Budaya dan Keagamaan.

Baca Juga:  Melihat Pulau Bali dari Kacamata Ongol

Seminar ini turut menghadirkan para narasumber yang tentunya sangat profesioanal di bidangnya. Ketiga narasumber tersebut yakni Putu Dea Anggita Yanti, S.I.Kom,. M.A yang merupakan dosen Prodi Ilmu Komunikasi Hindu STAHN Mpu Kuturan Singaraja yang memaparkan materi mengenai public speaking. Kemudian juga menghadirkan narasumber dari luar kampus, yakni Ni Luh Putu Galuh Prabasari, S.I.Kom yang merupakan reporter TVRI Bali dan memaparkan materi mengenai News Anhcor. Serta Irene Puspita Sari, S.Pd yang merupakan Announcer di RRI Singaraja dan memaparkan materi mengenai Broadcasting.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Hndu STAHN Mpu Kuturan Singaraja I Komang Agus Widiantara, M.I.Kom dalam sambutannya mengapresiasi acara seminar RECOM yang merupakan projek UAS (Ujian Akhir Semester) Mahasiwa Prodi Ilmu Komunikasi Hindu semester IV A. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ini karena 40 persen dana untuk mempersiapkan seminar ini berasal dari kerjasama sponsorship. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam proses perkuliahan di kampus tidak hanya berlangsung di kelas saja secara teori tetapi juga berupa praktek, seperti halnya seminar RECOM ini.

“Ini juga merupakan proses perkuliahan ya. Jadi perkuliahan tidak hanya secara teori secara seperti di ruang kelas. Tetapi, perkuliahan juga secara praktek. Sehingga dapat membentuk luaran yang sangat bermanfaat seperti seminar RECOM ini,” ujarnya.

Baca Juga:  Legam dan Evolusi Musik Pohon Tua

Ni Luh Putu Galuh Prabasari, S.I.Kom, salah satu narasumber yang juga merupakan News Anchor dari TVRI Bali menyampaikan kesannya sebagai narasumber seminar ini. Ia merasa senang karena bisa berbagi mengenai news anchor, reporter serta bagaimana berkarir di dunia televisi. Beliau juga mengapresiasi panitia yang telah melakukan persiapan dengan sangat baik untuk kesuksesan seminar ini.

“Saya seneng bisa berbagi dengan teman-teman muda, temen-temen yang masih SMA trus dari mahasiswa juga, untuk menunjukkan seperti apa sih berkarir di dunia televisi, ternyata seru dan menyenangkan. Mudah-mudahan bisa memotivasi teman-teman untuk dapat memilih karir yang seperti ini, mungkin setidaknya ilmu tadi disampaikan bisa bermanfaat,” ungkapnya.

Seminar ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh peserta yang hadir. Seperti salah satu peserta yang menyampaikan kesannya selama mengikuti seminar, Ni Putu Primadila Novelia Putri dari SMAN 1 Singaraja. Novelia merasa sangat terkesan selama mengikuti seminar. Siswi SMA 1 Singaraja itu juga berharap agar seminar ini dapat bermanfaat bagi seluruh peserta yang hadir.

“Banyak inside tentang public speaking yang nantinya akan berguna untuk kami para peserta. Terus harapan saya yaitu semoga apa yang kami pelajari hari ini mempunyai dampak yang baik bagi masing-masing peserta. Karena ilmu komunikasi itu sangat penting,” ujarnya. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button