Budaya

Sekjen Kemenag Beri Sambutan Dharma Santhi Nasional: Tema Kegiatannya Sangat Menginspirasi

Jakarta – Sekretaris Kementerian Agam RI, Prof. M. Ali Ramdhani menyebut tema pelaksanaan Dharma Santhi Nasional 2024 memberikan inspirasi dalam memaknai perjalanan hidup. Dirinya pun menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan acara yang bertemakan  “Sat Cit Ananda, untuk Indonesia Jaya”.

“Terus terang, saya mendapat pencerahan soal tema dalam acara ini. Sebagaimana yang disampaikan ketua PHDI tadi bahwa tema ini memiliki tiga makna yakni kebenaran, kesadaran dan kebahagian,” ujar Ramdani.

Pada kesempatan tersebut Ramdani yang mewakili Wakil Presiden dan Menteri Agama. Acara Dharma Santhi Nasional diselenggarakan dengan berbagai rangkaian acara sejak bulan Maret 2024. Puncak acara dilaksanakan pada Kamis 25 April 2024 yang dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan hiburan.

Baca Juga:  Uncle Ben's 23: Ruang Hiburan Baru di Bali

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua PHDI Pusat, Dharma Adhyaksa, Rektor perguruan Tinggi Hindu, Tokoh umat Hindu dan berbagai perwakilan organisasi Hindu di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Ramdhani menyampaikan perayaan Dharma Santhi sebagai sebuah reminder untuk selalu dalam jalur yang tepat. Dirinya menilai bahwa tiga makna tema tersebut dapat menjadi pedoman dalam menjalankankehidupan sosial dan keagamaan.

“Hari ini kita merayakan dharma santi, ini akan menjadi pengingat soal nilai kebenaran dan kesadaran untuk dapat menjadi yang terbaik dihadapan tuhan dan sesama manusia. Sehingga ujungnya adalah kebahagiaan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemuda Tabanan Catatkan Prestasi Internasional Pada Kompetisi Mengukir Salju

Ia sempat menyinggung soal salah satu slogan dalam susastra Hindu yang berkaitan dengan kebersamaan.

“Saya pernah membaca soal satu slogan umat Hindu yang sangat luar biasa. Wasudhaiva Kuthumkabkam, artinya semua manusia adalah bersaudara. Hal tersbut dapat menjadi dasar dalam menjalin hubungan sosial antar manusia, terlepas dari berbagai macam perbedaan,” ujarnya.

“Sekali lagi atas nama pemerintah dan kementerian agama kami mengucapkan selamat atas perayaan Hari Suci Nyepi Saka 1946/2024 Masehi,” tutupnya. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button