Budaya

Tabanan Gelar Pesta Kesenian Bali XLVI di Kabupaten

Tabanan – Pemkab Tabanan menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI tingkat kabupaten yang pembukaannya dilakukan pada Sabtu malam, (8/6). Acara dibuka oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bertempat di panggung terbuka Garuda Wisnu Singgasana.

Beberapa penampilan lain yang turut mengisi acara antara lain Tari Jayaning Singasana AUM oleh gong kebyar wanita, Tari Pendet Pangkung oleh gong kebyar anak-anak, Tari Kekebyaran oleh gong kebyar dewasa, Dramatari Dolanan oleh gong kebyar anak-anak, Sandyagita oleh gong kebyar wanita, dan fragmentari oleh gong kebyar dewasa. Juga terdapat pameran lukisan dan kerajinan serta stand-stand kuliner.

Pesta Kesenian Bali ke-46 tahun 2024 yang mengusung tema “Jana Kerthi: Paramaguna Wikrama” yang memiliki makna harkat martabat manusia unggul, memiliki filosofi tema yang erat kaitannya dengan visi Pemerintah Kabupaten Tabanan yaitu “Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, dan Madani (AUM)”. Aspek Jana Kerthi sangat relevan dalam mewujudkan visi besar tersebut.

Baca Juga:  Pameran Foto Jurnalistik Antara Tampilkan Kilas Balik Peristiwa di Sunda Kecil  

“Tanggal 15 Juni ini merupakan pembukaan PKB di Provinsi Bali, sebelum pembukaan, PKB kita selenggarakan dulu di Kabupaten, sehingga duta-duta yang akan mewakili Kabupaten Tabanan ini pentas dulu di Kabupaten Tabanan. Artinya pemanasan dulu,” ujar Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya saat pembukaan.

Ia juga meminta kepada seluruh stakeholder dalam bidang seni dan budaya untuk bergandengan tangan dan mengambil tanggungjawab bersama untuk melestarikan adat dan budaya warisan dari para leluhur selaku pewaris tunggal dari budaya adiluhung yang tumbuh dan mengakar dalam kehidupan masyarakat bali.

Baca Juga:  Pemkab Tabanan Mulang Pekelem di Danau Tamblingan, Rangkaian Karya Agung Panca Wali Krama

Lebih lanjut, Sanjaya menegaskan tekad mebela pati tersebut harus tetap dipupuk dan dipelihara karena kesadaran ini akan membawa pada suatu kondisi, bahwa seni budaya akan menjadikan kita sebagai masyarakat yang bermartabat. Mengingat, bahwa masyarakat manapun di dunia ini tidak akan pernah maju tanpa budaya.

Ketua panitia yang juga Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Made Yudiana menyampaikan, pelaksanaan PKB di Kabupaten Tabanan ini berlangsung selama dua hari mulai 8 Juni hingga 9 Juni 2024.

“Kami ucapkan terimakasih kepada bapak bupati atas inisiasi dan pendanaan yang telah diberikan untuk penyelenggaraan PKB ini serta terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan PKB,” ujarnya. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button