Budaya

Pemerintah Daerah Berharap Komunitas Petak Sikep Mampu Gairahkan Seni di Tabanan

Tabanan – Pemerintah daerah berharap, komunitas bisa ambil peranan dalam menggairahkan seni di Tabanan seperti apa yang dilakukan oleh komunitas seni Petak Sikep. Sehingga, bisa mendorong sektor lain seperi ekonomi untuk menggeliat dan tumbuh pasca Pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Kesenian, Dinas Kebudayaan Kabupaten Tabanan Ni Luh Nyoman Sri Suryati.

“Selain seni, kami berharap sektor lain seperti ekonomi hingga pariwisata akan kembali bergeliat,” katanya saat menutup acara lomba tari se-Bali di area panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi (GWS) Sabtu, (27/8).

Ia mengungkapkan rasa salut dan apresiasi pada komunitas Petak Sikep yang berasal dari Banjar Dinas Mertasari, Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan membuat gelaran seni di Kota Tabanan. “Terutama dilakukan oleh anak muda, ini akan menjadi bibit seni Tabanan di masa depan,” ujarnya.

Selain itu, Suryati berharap Komunitas Petak Sikep bisa terus menjadi wadah dan menggali potensi seni di Pupuan. “Seni menjadi wadah yang positif untuk mengembangkan kreatifitas anak muda,” ujarnya.

Pada acara penutupan tersebut juga diserahkan hadiah pada pemenang kategori lomba tari puspanjali, tari baris, tari condong, dan lomba tari jauk keras. Total peserta yang berpartisipasi sebanyak 134 oang.

Ketua panitia acara lomba tari dari Komunitas Petak Sikep I Made Dendi Dwi Karyana menyebukan, lomba tari Puspanjali kategori umur enam hingga sembilan tahun yang paling banyak diikuti berjumlah 48 peserta.

“Selanjutnya Tari Condong, Baris Tunggal dan Jauk Keras,” ujarnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button