Jalan-JalanPariwisata

Bandara I Gusti Ngurah Rai Gelar Latihan Penanggulangan Kedarurat

Badung – Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai bersama dengan seluruh komunitas bandara menggelar latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) pada hari Kamis (30/5). Latihan dilaksanakan terpusat pada Sisi Selatan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Seperti yang kita ketahui Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata kelas dunia. Sebagai gambaran umum, hingga bulan April 2024 kami melayani sebanyak 7.123.666 penumpang dan 44.709 pergerakan pesawat secara keseluruhan. Maka dari itu, perlu kami pastikan seluruh personel yang bertugas di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai senantiasa siap untuk menghadapi keadaan darurat,” ujar General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan.

Baca Juga:  Bandara Ngurah Rai, Bali Diprediksi Layani 1 Juta Penumpang Pada Libur Idul Fitri

Kegiatan Latihan PKD dilaksanakan dalam rangka memastikan implementasi Dokumen Airport Emergency Plan (AEP) dan Dokumen Airport Security Program (ASP) berjalan baik pada penanggulangan Keadaan Darurat Penerbangan di Bandar Udara melalui fungsi komando, koordinasi dan komunikasi antar Airport Emergency Committee (AEC) & Airport Security Committee (ASC). Dalam rangkaian latihan PKD kali ini, Bandara I Gusti Ngurah Rai menggelar tiga latihan kedaruratan yakni latihan penanganan kecelakaan pesawat udara (Aircraft Accident Exercise), penanganan ancaman keamanan (Security Exercise), dan penanganan kebakaran (Domestic Fire Exercise).

Baca Juga:  Libur Imlex, Bandara Ngurah Rai Prediksi Layani 241 Ribu Penumpang

“Latihan PKD yang kami lakukan telah dirancang sedemikian rupa sehingga mendekati kondisi keadaan darurat yang sesungguhnya,” lanjut Handy.

Ia juga mengimbau kepada seluruh pengguna jasa yang berada di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada saat pelaksanaan latihan PKD untuk tidak panik dan tetap tenang selama kegiatan berlangsung.

“Dapat kami pastikan, kegiatan latihan PKD ini tidak mengganggu operasional dan penerbangan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap berjalan dengan normal,” ujarnya. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button