KNPI Tabanan Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan Lomba Baca Puisi Tingkat SMP dan SMA

News

Tabanan – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Tabanan memperingati Hari Sumpah Pemuda dengan menggelar lomba baca puisi di media sosial Instagram untuk tingkat SMP dan SMA. Penyerahan hadiah lomba tersebut digelar pada Kamis, (28/10 di ruang rapat lantai III Kantor Bupati Tabanan.

Ketua KNPI Kabupaten Tabanan I Made Dwi Agung Satrawan mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah ingin memberikan arti dan makna pada hari sumpah pemuda dengan menanamkan nilai sejarah yang bisa menumbuhkan rasa semangat pemuda pemudi.

Selain itu, tujuan melaksanakan kegiatan ini juga ingin mengungkapkan rasa bangga kepada bangsa ini dan sejarah yang dilukiskan oleh pemuda pada 93 tahun silam.

“Tepat di 93 tahun lalu sejarah kaum pemuda membuat goresan tinta sejarah yang sampai saat ini bisa kita kenang dimana terjadi kongres kedua pada 8 Oktober 1928 yang bertempat di Batavia yang mempunyai kesepakatan mempunyai kata sepakat dengan 3 kalimat yang penuh dalam arti seperti dideklarasikan ikrar sumpah pemuda,” kata Agung Satrawan.

Tiga kalimat dalam ikrar sumpah pemuda tersebut yakni pertama “Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia”, kedua “Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia”, dan ketiga “Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia”.

“Dengan kegiatan lomba baca puisi ini yang melibatkan adik adik SMP dan SMA, harapan kami ingin menumbuhkan dari awal rasa dan semangat sebagai generasi muda Tabanan,” harapnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Tabanan, I Nyoman Putra dalam kesempatan tersebut mengucapkan, selamat hari sumpah pemuda sekaligus mengucapkan selamat dan sukses kepada KNPI Tabanan yang telah menyelenggarakan kegiatan lomba baca puisi yang telah memberikan kreativitas kepada siswa-siswa di Tabanan. Kata ia, lomba ini merupakan sarana untuk melihat dan mencari bakat siswa yang memiliki potensi untuk dibina dan dikembangkan agar bisa berprestasi. Disamping itu juga dapat mendorong siswa untuk berkompetisi secara sehat serta dapat menularkan kepada siswa-siswa yang lainnya.

“Saya harap lomba ini dapat dilakukan secara rutin untuk dapat mencari sumber daya manusia yang berkualitas,” ujar Nyoman Putra.

Selanjutnya, dilaksanakan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba baca puisi disertai membaca puisi oleh juara 1 tingkat SMP dan SMA.

Para pemenang untuk tingkat SMP adalah, juara pertama adalah Dewa Made Putra Daniswara dari SMPN 1 Tabanan. Juara kedua Glesheylla Natasha Kirana P dari SMPN 1 Tabanan, Juara ketiga I Ketut Fajar Naranata dan juara favorit Putu Maisya Ayustra Putri dari SMPN 1 Baturiti.

Untuk pemenang di tingkat SMA juara pertama adalah Bellissima Quisha Arimta dari SMAn 2 Tabanan, juara kedua Ni Putu Kartika Stithapradnyana dari SMAN 1 Tabanan, Ni Luh Ari Purnama Yanti dari SMAN 1 Tabanan dan juara favorit Ni Putu Winda Sukma Wardani dari SMAN 1 Kediri.

Acara diakhir kegiatan salah satu juri membacakan puisi di dalam kegiatan tersebut. (tbn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *