Budaya

Bangun Kreativitas Mahasiswa Baru Dalam Aktif Berorganisasi dan Berkesenian

Denpasar – Unit Kegiatan Mahasiswa Seka Tari  dan Tabuh Pragina Ganesha, Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar menggelar kegiatan malam keakraban (Makrab) untuk mempererat rasa solidaritas dan meningkatkan kreativitas seni mahasiswa UKM STANA. Malam Keakraban merupakan salah satu program kerja UKM STANA yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatan Malam Keakraban ini bertujuan untuk mengakrabkan anggota baru UKM STANA serta sebagai wadah mengembangkan minat dan bakat serta kreatifitas yang dimiliki oleh mahasiswa baru dalam bidang kesenian. UKM STANA yang  dibawah binaan Putu Ayu Paramita Dharmayanti dan diketuai oleh I Kadek Jodi Artawan

Malam Keakraban UKM STANA 2023 kali ini mengangkat sebuah tema “SUDDHAMALA” yang memiliki arti Refleksi Harmonisasi Diri Menuju Bangkit Dan Berkembang. Pada pembukaan  malam keakraban UKM STANA dihadiri dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mahasaraswati Denpasar Dr. I Wayan Gede Wiryawan.

“Kegiatan program kerja ini dikemas dengan sedikit berbeda, tidak hanya penampilan pagelaran Maba UKM STANA angkatan 2022 saja, tetapi pada malam keakraban di tahun ini berisikan acara pelantikan DPH/DPTH UKM STANA Periode 2022/2023, Ulang tahun UKM STANA Ke-17, serta Penampilan Kolaborasi Exhibitions antara UKM MBGBG UNMAS Denpasar, Sekeha tari dari Univeristas Undiknas dan UNHI, serta Sekeha Tabuh SMA Negeri 7 dan SMA Negeri 9 Denpasar yang Bertempat Di Auditorium Yayasan Mahasaraswati Denpasar,” ujar Putu Ayu Paramita Dharmayanti

Baca Juga:  WNA Amerika Serikat Berulah di Jalan Pulau Tarakan Ternyata Alami Gangguan Jiwa

Kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM STANA bertujuan untuk melestarikan kesenian tradisional khusunya dalam bidang tari dan tabuh. Khususnya untuk menghibur , mengasah bakat dan minat, edikasi dan promosi agar masyarakat luas mengetahui adanya UKM STANA Universitas Mahasarswati Denpasar.

Selain itu, UKM STANA juga melaksanakan pengabdian masyarakat (PENGMAS) pada tahun 2023. Pengabdian Masyarakat tahun ini mengangkat tema “Seni dan Filosofi Agama Hindu” yang berkonsepkan “Mengimplementasikan Tri Hita Karana dalam Pengelolaan Lingkungan Berbasis Kebudayaan”. Acara Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan di Balai Banjar Tohpati, Kesiman Kertalangu, Denpasar yang berlangsung selama 3 hari dimulai dari tanggal 27 sampai 29 Mei 2023.

Kegiatan Pengmas ditahun 2023 terbagi menjadi 5 sektor kegiatan yang diikuti oleh anggota UKM STANA. Hari Pertama dilakukannya kegiatan Pembukaan Acara Pengabdian Masyarakat UKM Stana 2023, Kegiatan Sosialisasi, Kegiatan Donor darah. Hari Kedua dilakukannya kegiatan Pelatihan menari untuk ibu PKK Banjar Tohpati Kesiman. Hari Ketiga dilakukannya kegiatan Bank sampah, dan Pembagian pangan. Acara Pengabdian Masyrakat UKM STANA 2023 dihadiri oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bapak Kepala Desa Kesiman Kertalangu, Bapak kepala dusun Tohpati, Bapak Kelihan Adat Banjar Tohpati, Karang Taruna Kertha Widya Santhi, UDD PMI kota Denpasar, Dewan Pengawas Organisasi UKM Stana, dan seluruh anggota UKM STANA yang sekaligus bertugas sebagai pengurus dan panitia dalam rangkaian acara pengabdian masyarakat UKM STANA 2023.

Baca Juga:  Tim Gabungan Kelurahan Penatih Gelar Pendataan Penduduk Non-Permanen

Melalui kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diharapkkan dapat mengharumkan nama Universitas Mahasaraswati Denpasar dan UKM STANA, Menumbuhkan kepedulian mahasiswa UKM STANA Universitas Mahasaraswati Denpasar terhadap hukum Tri Hita Karana, serta mempererat tali persaudaraan dan solidaritas mahasiswa UKM STANA dengan masyarakat luar. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button