Jalan-JalanPariwisata

Setelah Libur Lebaran Kunjungan ke Tanah Lot Makin Meningkat

Tabanan – Setelah libur panjang Idul Fitri kunjungan ke objek wisata Tanah Lot mengalami lonjakan signifikan. Ratusan wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara memadati tempat ini untuk menikmati pemandangan alam yang menakjubkan, suasana khas Bali, serta ritual keagamaan di Pura.

Rata-rata kunjungan domestik sebelum Idul Fitri adalah sekitar 1.000 orang per-hari, tetapi setelah Idul Fitri, angka ini melonjak dua kali lipat menjadi 2.000 orang per-hari. Peningkatan jumlah pengunjung ini menandai pulihnya sektor pariwisata setelah masa libur panjang. Pengelola Tanah Lot menyatakan bahwa situasi ini menunjukkan trend positif bagi industri pariwisata lokal yang sempat mengalami penurunan karena beberapa faktor.

“Kami sangat senang melihat antusiasme para wisatawan yang kembali berkunjung ke Tanah Lot. Peningkatan kunjungan ini adalah tanda yang baik bagi pariwisata Bali secara keseluruhan,” kata I Wayan Sudiana selaku  Manajer Operasional Selasa, (23/4).

Baca Juga:  Jelang Hari Raya Natal Dan Tahun Baru, Bandara Ngurah Rai Buka Dua Penerbangan Baru

Selain itu, Pengempon Pura Luhur Tanah Lot juga mulai menggarap tahap awal pemugaran dan renovasi di area wisata ini. Pekerjaan awal meliputi penyiapan bahan dan persiapan perbaikan penyengker  atau tembok pembatas pura dan piyasan yang merupakan bagian penting dari struktur pura Tanah Lot. Perbaikan ini sejalan dengan wacana awal yakni “Karya Agung” yang akan dilaksanakan pada Desember 2025.

“Kami berupaya menjaga sinergi dengan pengempon Pura Luhur Tanah Lot. Oleh karena itu, kami mendukung program renovasi ini untuk menjaga estetika dan nilai budaya,” ujar Sudiana.

Baca Juga:  Bandara Ngurah Rai Hentikan Sementara Operasional Saat Nyepi, 448 Jadwal Penerbangan Tertunda

Pihaknya tetap akan mengutamakan kenyamana wisatawan ketika proses renopasi berlangsung. Selain itu, para pengunjung yang datang ke Tanah Lot dapat menikmati berbagai kegiatan, termasuk melihat matahari terbenam, menyaksikan pertunjukan tari tradisional Bali, serta berpartisipasi dalam upacara keagamaan di Pura Tanah Lot.

Pengelola Tanah Lot berharap trend positif ini akan terus berlanjut dan mendorong para wisatawan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga kebersihan lingkungan selama berkunjung.

“Kami berharap Tanah Lot dan destinasi wisata Bali lainnya dapat terus menjadi pilihan utama bagi wisatawan,” ujar Sudiana. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button