Gaya HidupJurnalisme WargaPariwisata

PKM Universitas Mahasaraswati Denpasar Bantu Branding Digital Desa Wisata Tista

tujuan untuk membantu Desa Wisata Tista dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi desa yang lebih optimal

Tabanan – Desa Tista sebagai salah satu desa wisata yang berada di Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Desa ini merupakan salah satu desa wisata dengan potensi wisata alam karena memiliki jalur tracking, wisata spiritual, wisata edukasi serta adanya atraksi Seni Serta Budaya sebagai wujud dasar implementasi dari nilai-nilai kearifan lokal sesuai dengan Semboyan yang dimiliki yaitu, “The Secret Beauty of Tista. Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Universitas Mahasaraswati, Denpasar ikut memberikan pendampingan singkat terkait dengan branding digital.

Koordinator kegiatan pengabdian Dr. Anak Agung Ayu Dian Andriyani, S.S.M.Hum menjelaskan, berdasarkan hasil analisis situasi, potensi desa wisata yang dimiliki oleh Desa Tista belum diketahui oleh banyak pengunjung lokal maupun mancanegara karena sistem promosi yang dimiliki masih sangat sederhana, terlebih pasca pandemi sistem promosi Desa Tista semakin tidak terarah.

“Saat ini, Desa Tista sedang membenahi obyek wisata baru yang disebut dengan obyek wisata DUDU yang terkenal dengan keindahan sungai dengan aliran yang sangat deras bisa menjadikan desa ini untuk membuat obyek wisata sport. Pembenahan obyek wisata tidak akan bisa diketahui oleh khalayak umum tanpa dibarengi dengan media promosi,” ujarnya.

Kondisi ini menjadi alasan utama kegiatan pengabdian kepada masyarakat dari Universitas Mahasaraswati Denpasar melakukan pendampingan dengan tujuan untuk membantu Desa Wisata Tista dalam meningkatkan pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi desa yang lebih optimal, selain itu meningkatkan kualitas kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sehingga nantinya dapat meningkatkan kemampuan pembuatan konten media sosial menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar.

Baca Juga:  Kebun Raya Bali Gelar Acara Bazar Untuk Pengunjung Saat Hari Raya Galungan

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksnakaan oleh dosen dan mahasiswa dari lintas fakultas Universitas Mahasaraswati Denpasar yang diketuai oleh Dr. Anak Agung Ayu Dian Andriyani, S.S.M.Hum dengan anggota I Dewa Gede Agung Pandawana, S.Kom., M.Si dan Dr. Ni Made Dwi Puspitawati, S.E.,M.M dengan melibatkan lima orang mahasiswa yang dapat dikonfersi dalam kegiatan MBKM.

Kegiatan oleh Tim Pengabdian Universitas Mahasaraswati Denpasar ini adalah Program dengan Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat. Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pengabdian Universitas Mahasaraswati Denpasar ini merupakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang terlaksana dengan hibah dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemendikbud Ristek tahun 2023.

Adapun kegiatan yang dilakukan di antaranya, pembuatan situs wisata desa Tista, pembuatan surel resmi desa wisata, penyerahan sarana penunjang media promosi, pelatihan bahasa Inggris dan hospitality, selain itu pelatihan penggunaan dan pengelolaan media sosial sebagai sarana promosi desa, pelatihan pembuatan konten media sosial yang menarik dan informatif. Serta adanya pendampingan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan hasil pelatihan dapat diterapkan secara baik dan efektif.

Sementara, dalam kegiatan pelatihan menghadirkan narasumber I Putu Andri Permana, S.S., M.Hum dan  Ida Ayu Putri Gita Ardiantari, S.S., M.Hum yang memberikan materi berbahasa Inggris dalam pembuatan konten digital didukung oleh Narasumber dari Jepang Mr. Nishiyama Takahiko. Ia memaparkan pengalamannya sebagai wisatawan yang telah puluhan kali berkunjung ke Bali serta hospitality pada umumnya dalam ranah pariwisata.

Baca Juga:  The Sneakers Luncurkan Aku Di Sini

Selain itu, narasumber selanjutnya adalah Bapak Made Leo Radhitya, S.Kom., M.Cs. beserta Team dalam Pendampingan Pengenalan Sosial Media Marketing, Pembuatan Video Konten Promosi untuk Media Sosial. Serta workshop pengambilan beberapa aset foto dan video pembuatan video promosi Desa Wisata Tista.

Hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat ini diharapkan, 1) menjadikan Desa Tista lebih terkenal tidak saja bagi wisatawan lokal namun mancanegara, 2) melalui adanya peningkatan kemampuan Desa Wisata Tista dalam memaksimalkan potensi dari media sosial sebagai sarana promosi desa yang lebih efektif serta, 3) peningkatan kemampuan berbahasa Inggris sehingga meningkatkan kemampuan dalam membuat konten media sosial yang nantinya dapat berkomunikasi dengan wisatawan lokal maupun mancanegara, 4) sehingga berdampak positif terhadap peningkatan jumlah kunjungan wisawan karena sudah dikenal oleh wisatawan sehingga nantinya dapat berdampak pada perekonomian masyarakat di Desa Tista secara keseluruhan. (*)

 

Penulis : Dr. Anak Agung Ayu Dian Andriyani, S.S.M.Hum., I Dewa Gede Agung Pandawana, S.Kom., M.Si dan Dr. Ni Made Dwi Puspitawati, S.E.,M.M.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button