Ekonomi

Universitas Mercu Buana Yogyakarta Inisiasi Pemberian Vitamin Ternak Dengan Mineral Block

Yogyakarta – Kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Angkatan 43 Tahun 2023 dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta melaksanakan program kerja demonstrasi dibidang pertanian dan peternakan yang memiliki tema “Pemberian Vitamin Pada Ternak Ruminansia Dengan Metode Mineral Blok” yang dilaksanakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di Balai Padukuhan Karang Tengah, Kelurahan Dadapayu, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan demontrasi pembuatan mineral blok ini dihadiri oleh Kepala Dukuh Padukuhan Karangtengah, kelompok ternak, kelompok tani, dan Karang Taruna dari Padukuhan Karangtengah. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan, informasi serta cara pembuatan mineral blok tersebut kepada warga dan karang taruna agar mengetaui pentingnya vitamin tambahan dan tambahan mineral selain air kepada hewan ternak pada musim kemarau yang terjadi di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga:  Pada Mei 2024, Bandara Ngurah Rai Layani Dua Juta Penumpang

“Tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki dan melengkapi kebutuhan nutrisi pakan ternak,” ujar Ketua KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta kelompok 5 Made Cahyaning Putri Permata Anum.

Demontrasi yang dilakukan dimulai dari mencampurkan ultra mineral, garam halus, dedak atau bekatul, molases, semen putih kedalam ember, lalu diberi air secukupnya dan diaduk secara merata.

Setelah tercampur secara merata, adonan dimasukkan kedalam cetakan yang terbuat dari paralon dan ditambahkan bambu pada bagian tengah adonan yang bertujuan untuk memasukkan tali saat pemberian pada ternak. Setelah adonan dimasukkan kedalam cetakan tersebut, adonan dikeringkan minimal empat sampai lima hari untuk mendapatkan kering yang maksimal.

Baca Juga:  Angkasa Pura 1 Layani 69 Juta Lebih Penumpang Pada 2023

Demonstrasi pembuatan mineral blok ini dilakukan karena melihat potensi cuaca di daerah Gunung Kidul yang memasuki musim kemarau. Oleh karena itu diadakannya demontrasi pembuatan mineral blok diharapkan dapat membantu peternak khususnya Padukuhan Karang Tengah untuk memenuhi nutrisi ternak mereka.

“Dengan adanya pemberian vitamin dengan metode mineral blok, ternak di Daerah Gunung Kidul dapat tercukupi nutrisi dan gizinya sehingga meningkatkan daya tahan tubuh ternak terhadap penyakit yang biasa menyerang ternak” ujar peserta KKN Chaerul Usman dari program studi peternakan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button