EkonomiJalan-JalanPariwisata

Bandara Ngurah Rai, Bali Tambah Rute Penerbangan ke Tiongkok, Bidik Tambahan Wisatawan Tirai Bambu

Badung – Frekuensi rute penerbangan menuju Tiongkok yang dilayani Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali  bertambah. Tak hanya frekuensi rute, kali ini terdapat pula tambahan maskapai yang beroperasi. Terbaru, peningkatan konektivitas rute internasional ditandai dengan dibukanya penerbangan langsung dari dan menuju Pudong International Airport, Shanghai, Republik Rakyat Tiongkok oleh maskapai Juneyao Airlines yang terbang perdana pada hari Sabtu (20/1).

Penerbangan rute langsung Pudong (PVG) – Denpasar (DPS) tersebut merupakan tambahan frekuensi rute internasional perdana di tahun 2024. Beroperasinya Juneyao Airlines merupakan kali pertama di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Koordinasi dengan Juneyao Airlines sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2023 lalu dan berkat dukungan dan sinergi seluruh stakeholder di lingkungan bandara, inaugural flight Juneyao Airlines dapat terlaksana dengan lancar,” ujar General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhiatiawan.

Handy menjelaskan bahwa saat ini jumlah kedatangan penumpang WNA asal China telah mengalami peningkatan setelah sebelumnya pada tahun 2020 hingga 2021 terpengaruh dampak pandemi Covid-19. Peningkatan tersebut sejalan dengan proyeksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal China ke Indonesia akan pulih di atas tahun 2025.

Baca Juga:  Bandara Ngurah Rai, Bali Tambah Lagi Penerbangan Domestik ke Balikpapan

“Kami mencatat pada tahun 2023 wisman berkebangsaan China yang datang ke Pulau Bali menduduki peringkat ketiga terbanyak yakni sejumlah 265.805 orang wisman atau kurang lebih berkontribusi 5 persen dari total jumlah wisman yang datang melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sepanjang tahun 2023 sebanyak 5.317.287 orang wisman,” jelas Handy.

Pihaknya berharap tambahan frekuensi dan maskapai baru ini akan semakin meramaikan kunjungan wisman di Bali dan jumlah kedatangan WNA asal China diharapkan dapat segera kembali seperti di tahun 2018 yang mencapai 1.380.687 orang.

Juneyao Airlines dengan nomor penerbangan HO 1355 rute Pudong (PVG) – Denpasar (DPS) beroperasi menggunakan pesawat tipe Airbus A320 mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Sabtu (20/1) pukul 15.35 WITA dengan disambut water salute, membawa 153 penumpang. Kemudian, pesawat tersebut kembali terbang dengan nomor penerbangan HO 1356 pada pukul 17.20 WITA mengangkut 119 penumpang. Penerbangan Juneyao Airlines dengan rute dari dan menuju Pudong dijadwalkan terbang setiap hari. Seremoni penyambutan penumpang dihadiri oleh jajaran Kemenparekraf, Pemerintah Provinsi Bali dan Angkasa Pura I.

Baca Juga:  Libur Imlex, Bandara Ngurah Rai Prediksi Layani 241 Ribu Penumpang

Saat ini Bandara International I Gusti Ngurah Rai – Bali telah melayani sebanyak 21 rute domestik yang dilayani 11 maskapai. Sedangkan untuk rute internasional, dengan tambahan Juneyao Airlines maka saat ini terdapat 38 maskapai yang melayani rute internasional dengan 36 rute yang ada di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Sementara itu, untuk rute menuju Tiongkok di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai sebelumnya telah dilayani oleh tiga maskapai yakni Xiamen Airlines, China Southern Airlines, dan China Eastern Airlines dengan rute dari dan menuju Guangzhou, Fuzhou, Xiamen, dan Shanghai. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button