Ekonomi

BRI Gandeng 100 UMKM Binaan Meriahkan Pesta Rakyat Simpedes Denpasar

Denpasar – Bank BRI menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Tahun 2023 dari tanggal 23- 24 September lalu di Lapangan Renon, Denpasar. Keseruan PRS terlihat dari antusias 24 ribu pengunjung yang datang membanjiri area PRS.

Kemeriahan semakin terasa ketika band – band lokal dan nasional mulai melantunkan lagu – lagu andalanya. Diantaranya, Yura Yunita, Dewa 19 fest Virzha, dan Lolot Band yang tampil pada 23 September. Sementara, Kotak, Kahitna, dan Bagus Wirata tampil pada 24 September.

Tidak hanya itu, di sela – sela penampilan penyanyi serta band lokal dan nasional, terdapat 100 UMKM binaan BRI yang juga penuh dengan pengunjung masing – masing. Diantaranya, stand  potong rambut dan nail Art, cek kesehatan, serta UMKM mulai dari produk pertanian, fashion, kriya, makanan dan minuman, dll.

Seluruh UMKM tersebut pun telah menggunakan pembayaran secara digital/cashless sebagai bentuk dukungan terhadap program QRIS. Total merchant QRIS BRI Regional Office Denpasar yang telah menggunakan QRIS yaitu sebanyak 232 ribu.

Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten mengatakan, dengan tema “Pede Raih Peluang” diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya nasabah penabung BRI Simpedes di Provinsi Bali, NTB dan NTT, untuk pede mengelola keuangan bersama BRImo, pede bertransaksi bersama QRIS, dan pede menabung bersama Tabungan BRI Simpedes.

Baca Juga:  Bandara Ngurah Rai, Bali Kini Layani Rute Dari dan Menuju Lampung

Ia menjelaskan, kegiatan Pesta Rakyat Simpedes terdiri atas enam pilar kegiatan, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis dan Peduli. Dalam rangkaian kegiatan PRS ini, telah dilaksanakan gerakan literasi digital di enam pasar tradisional di Kota Denpasar mulai tanggal 18 – 22 September 2023.

Seluruh kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat, dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI, seperti BRIMO dan QRIS BRI dan telah menghasilkan akuisisi sebanyak 12.431 Rekening Simpedes dengan total Saldo Rp 330 Miliar, dan yang melakukan aktivasi BRIMO sebanyak 8.399 dan akuisisi QRIS sebanyak 6.808.

Penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes kali ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi, pengetahuan, dan keterampilan kepada peserta UMKM. Untuk mendukung itu, Bank BRI Regional Office Denpasar berupaya berperan dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM, hingga terbentuk suatu ekosistem Mikro BRI, antara lain, pengembangan Desa Brilian, yang merupakan program pemberdayaan desa yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa. Saat ini di Regional Office Denpasar sudah ada 123 desa Brilian.

Baca Juga:  Turun ke Masyarakat, Srikandi Gerindra Tabanan Serahkan Bantuan Puluhan Bibit Sapi

Selain itu juga dilakukan pengembangan klaster usaha yang merupakan program untuk mendukung pemberdayaan UMKM dengan melaksanakan pembinaan dan bimbingan serta pelatihan kepada pelaku UMKM. Hingga saat ini telah terdapat 838 Klaster Usaha binaan di RO Denpasar.

Kegiatan PRS ini juga diharapkan menjadi kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya sektor UMKM di Indonesia khususnya di provinsi Bali, NTT, dan NTB. Secara singkat Kinerja kredit Mikro BRI RO Denpasar dalam 5 tahun terakhir  telah menyalurkan Kredit KUR Mikro sebanyak Rp 19,2 Triliun dan Kupedes Komersial sebanyak Rp 16 Triliun.

Dalam  mendukung kemudahan transaksi keuangan, Bank BRI Regional Office Denpasar berkomitmen, untuk lebih mendekatkan pelayanan perbankan kepada masyarakat melalui agen Brilink, yang mana hingga saat ini sudah terdapat 35.831 agen brilink di Bali Nusra. Untuk menjangkau layanan perbankan di daerah terpencil dan pulau terluar dengan daerah terpencil yang tidak memiliki jaringan internet, telah dipasang 235 Vsat agen Brilink.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button