Peristiwa

Gerak Cepat, Panwascam Se-Tabanan Lakukan Proses Rekrutmen PKD

Tabanan – Setelah Bawaslu Tabanan melantik Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan atau Panwascam dilanjutkan dengan proses rekrutmen Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu  Kelurahan/Desa) atau PKD. Secara serentak, proses rekrutmen PKD dilakukan di 10 kecamatan.

“Sesuai instruksi dari Bawaslu tahapan wawancara dimulai sejak Senin, (27/5),” kata seorang anggota Panwascam Kediri Dewa Made Tjahyadi Selasa, (28/5).

Ia menyebutkan, proses wawancara untuk 15 Desa di Kecamatan Kediri telah selesai dilakukan. Selain itu, hampir di semua desa di seluruh Tabanan juga telah menuntaskan proses wawancara.

Baca Juga:  Ratusan APK Melanggar di Tabanan Ditertibkan, Ini Detailnya.  

“Dari teman-teman Panwascam lain juga telah usai dan tinggal persiapan pleno peserta yang lolos,” ujarnya.

Dewa Tjahyadi mengungkapkan, hampir sebagian besar peserta yang mendaftar merupakan PKD yang juga terlibat pada Pemilu Legislatif 2024. Sehingga ini membuat proses wawancara berjalan lebih mudah.

“Karena soal tugas mereka sudah paham. Termasuk resiko dan bagaimana melakukan pola pengawasan,” ujarnya.

Baca Juga:  Begini Kronologis Dua Pendaki Tersesat di Gunung Batukau Ditemukan

Sementara itu, Ketua Bawaslu Tabanan I Ketut Narta menyebutkan, secara menyeluruh tidak ada persoalan pada proses rekrutmen PKD. “Dari hasil monitoring berjalan efektif,” ujarnya.

Bawaslu Tabanan berencana akan melakukan pelantikan serentak dan bersamaan terhadap PKD yang lolos seleksi. Setelah itu, para tugas PKD yang berjumlah sebanyak 133 orang ini akan langsung bertugas untuk  mengawal proses pemutakhiran data pemilih.

“Kerjanya bersama dengan PPS di desa,” ujar Narta. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button