Peristiwa

Angkut 42 Penumpang, KMP Agung Samudra XVIII Kandas di Perairan Selat Bali

Jembrana –  Tim SAR gabungan mengevakuasi penumpang KMP Agung Samudra XVIII yang kandas di Perairan Selat Bali pada Minggu (11/2). Kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk tersebut mengangkut 42 orang penumpang dan 16 orang ABK (Anak Buah Kapal).

Awalnya Kapal lepas sandar sekitar Pukul 11.50 WITA, namun sekitar satu jam berselang KMP Agung Samudra XVIII terseret arus kemudian kandas di sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk.

“Tepatnya kurang lebih sekitar 1 mil dari Pelabuhan Gilimanuk ke arah barat, tepatnya di sebelah utara,” ujar Koordinator Pos SAR Jembrana Dewa Hendri.

Baca Juga:  Ketua PAC Gerindra Kerambitan Bantu Warga Perbaiki Jalan, Siap Menangkan Prabowo Presiden 2024

Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima informasi pada Pukul 13.55 WITA dari anggota Pos TNI AL Gilimanuk. Segera diberangkatkan lima personil dari Pos SAR Jembrana menuju Gilimanuk untuk pergerakan rubber boat. Selain itu proses evakuasi juga menggunakan dua unit speed boat dan dua unit RIB.

Akhirnya pada Pukul 16.45 WITA tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi penumpang dengan selamat. Sebanyak 38 orang dibawa menuju Ruang Tunggu ASDP Gilimanuk, sementara 4 penumpang lainnya beserta ABK tetap berada di dalam kapal.

Baca Juga:  Gung Indra Pimpin KNPI Bali, Solidkan Gerakan Pemuda

Selama proses evakuasi turut melibatkan unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Pos SAR Jembrana), TNI AL Pos Gilimanuk, Polairud Polres Jembrana, Polsek Gilimanuk, KP3 Gilimanuk, Brimob Kompi C Gilimanuk, KSOP Gilimanuk, BPBD Kabupaten Jembrana, KPLP, Potensi SAR 115, agen kapal. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button