Peristiwa

Prodi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa Raih Predikat Unggul

Denpasar – Setelah 8 tahun berjalan, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana Universits Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar akhirnya meraih Akreditasi Unggul pada tahun 2023 berlaku sejak 18 April 2023 sampai 18 April 2028. Proses akreditasi yang berlangsung dari 3 – 5 April 2023 dilakukan tim asesor BAN PT yaitu, Dr. Ni Putu Listiawati, S.E., Ak., M.M. dan Prof. Dr. Hesti Sadtyadi, S.E.,M.Si.

Sertifikat dan SK Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) tersebut diserahkan kepada Rektor UHN I GB Sugriwa Prof. Dr. Drs. I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si didampingi Direktur Pascasarjana UHN I GB Sugriwa Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati, M.Ag, dan Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri, S.Sos.,M.Si. Sertifikat dan SK Akreditasi tersebut merupakan Akreditasi kedua yang dilakukan Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana, yang mana sebelumnya Prodi Magister Ilkom Hindu meraih predikat Baik Sekali pada 2020.

Menurut Direktur Dewan Eksekutif BAN PT Prof. Ari Purbayanto, Ph.D predikat Unggul diberikan pada Prodi Magister Ilkom Hindu karena ada beberapa kriteria yang telah dipenuhi diantaranya, terdapat bukti yang sahih terkait praktek baik pengembangan budaya di perguruan tinggi, adanya perolehan status Akreditasi Program Studi, terjadinya efektivitas pelaksanaan, dan jumlah publikasi di jurnal ilmiah (baik Nasional maupun Internasional) dalam 3 tahun terakhir.

Sementara Rektor UHN I GB Sugriwa I Gusti Ngurah Sudiana, M.Si merasa bersyukur karena salah satu Prodi di bawah UPPS Pascasarjana UHN GB Sugriwa meraih Predikat Unggul. Program Studi Magister Ilkom Hindu ini ke depannya akan menjadi salah satu ikon bagi Pascasarjana UHN IGB Sugriwa sehingga lulusannya dapat diterima ditengahi tengah masyarakat dan berkontribusi bagi pembangunan. Sampai saat ini UHN I GB Sugriwa merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Bali yang mengelola Program Studi Ilmu Komunikasi dari jenjang S1, S2, dan S3.

Baca Juga:  Kejurnas Voli Di Gor Debes Libatkan Peserta Dari 15 Provinsi

Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Dra. Relin Denayu Ekawati, M.Ag, mengatakan, Prodi Magister Ilkom Hindu menjadi prodi Unggulan di Pascasarjana maka dari itu segala kebutuhan dan fasilitas disiapkan untuk menunjang proses perkuliahan. Diantaranya, ruang kelas yang representatif, tenaga pengajar yang memiliki kualifikasi relevan dengan Bidang Ilmu Prodi dan profesional dan berpengalaman serta kurikulum kekinian yang menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja maupun stakeholders selaku pengguna Lulusan.

Ketua Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa Dr. I Dewa Ayu Hendrawathy Putri mengatakan, untuk meraih predikat Unggul melalui proses dan kerja cerdas serta memperoleh dukungan penuh dari Pimpinan Universitas, Direktur Pascasarjana, Karo AUPK, Karo Akademik, LPM, LP2M, Ka. PTIPD, Ka.Perpus, Ka.Lab dan kerjasama yang solid dengan semua pengelola Prodi di lingkungan Pascasarjana, Dosen, Mahasiswa, Alumni, Stakeholders, dan Pengguna Lulusan. Kolaborasi tersebut yang dapat melahirkan kegiatan pembelajaran yang kondusif, menciptakan penelitian yang berbasis pada kebutuhan masyarakat dan dapat mengabdikan diri kepada masyarakat.

“Sehingga Prodi Magister Ilmu Komunikasi Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa tidak dipandang sebagai “menara gading tapi menara air” yang dapat memberikan motivasi dan Inspirasi Cemerlang dan manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Hendrawathy Putri menjelaskan skema pendidikan di Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa mulai dari seleksi masuk yang ketat agar dapat menjaring calon mahasiswa yang memiliki Komitmen untuk mengikuti perkuliahan dan optimis mampu menyelesaikan studi tepat waktu. Setiap proses perkuliahan perdana dari masing-masing mata kuliah, mahasiswa diberikan penjelasan seputar RPS/Silabus oleh masing-masing dosen pengampu mata kuliah, agar mahasiswa memiliki kerangka berpikir yang matang sesuai dengan tujuan masing-masing mata kuliah.

Baca Juga:  Kelompok Pemuda Desa Belayu Gelar Donor Darah di Masa Pandemi

Para dosen pun memberikan fleksibilitas pada mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan atau menyelesaikan tugas-tugas mengingat mahasiswa Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana hampir semua sudah bekerja dan memiliki latar belakang Profesi yang heterogen ada yang bekerja pada Institusi Pemerintah, Swasta, Media Massa, dan sebagainya. Maka terkait dengan waktu perkuliahan, mahasiswa dengan masing-masing dosen pengampu mata kuliah membuat kesepakatan terlebih dahulu sehingga waktu perkuliahan lebih efektif.

Selama dua tahun perkuliahan, mahasiswa Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa memperoleh pelayanan akademik yang baik dari Pengelola Prodi, membantu mencarikan solusi yang terbaik bagi mahasiswa. Selain itu, setiap menjelang akhir semester pengelola Prodi melakukan Evaluasi dan membuat Laporan Akademik Akhir Semester. Pengelola Prodi juga memberikan supervisi dan memberikan Roadmap Perkembangan masa studi kepada mahasiswa yang dari mulai mengajukan Proposal Tesis hingga proses penyelesaian Tugas Akhir. Strategi tersebut diharapkan dapat membantu perkembangan masa studi mahasiswa khususnya pada Prodi Magister Ilkom Hindu hingga mahasiswa bisa menyelesaikan studi tetap waktu. Selanjutnya diharapkan semua Lulusan Prodi Magister Ilkom Hindu Pascasarjana UHN I GB Sugriwa mampu mengimplemntasikan ilmu pengetahuan dan pengalaman belajar selama masa studi baik di tempat kerja masing-masing maupun di masyarakat. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button