Peristiwa

Dua Pendaki Tersesat di Gunung Adeng, Begini Proses Evakuasinya

Tabanan – Dua orang pendaki yang sempat tersesat di Gunung Adeng, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti pada Minggu (23/6) /2024) akhirnya ditemukan. Posisi korban tersesat berada di sekitar puncak, dengan ketinggian kurang lebih 1.826 Mdpl.

“Infonya kami terima dari ibu Tasya, dengan identitas kedua pendaki atas nama Ivan, 22 tahun dan Mettew, 22 tahun, beralamat di Panjer, Denpasar,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) Nyoman Sidakarya.

Menurut keterangan dari pelapor bahwa keduanya memulai pendakian sejak kemarin sore dan malam itu kondisi cuaca hujan gerimis dengan suhu dingin. Dikatakan kondisi keduanya tidak mengalami cedera dan kondisi fisiknya baik.

Baca Juga:  Begini Kronologis Dua Pendaki Tersesat di Gunung Batukau Ditemukan

“Kami memberangkatkan enam personel dari Kantor Basarnas Bali menuju Gunung Adeng kurang lebih Pukul 06.45 WITA,” ujarnya.

Tim dibagi menjadi dua SRU, dimana SRU pertama melakukan pendakian terlebih dahulu untuk penyisiran ke lokasi diduga korban berada. Mereka bergerak dari Posko pada Pukul 10.05 WITA dengan 18 orang personel tim SAR gabungan. Sementara itu SRU 2 menyusul naik.

Baca Juga:  Prabowo-Gibran Raih 120 Ribuan Suara, Begini Respon DPC Gerindra Tabanan

Akhirnya pada pukul 11.15 Wita SRU 1 berhasil menemukan dua pendaki tersebut pada Koordinat 08°19’35.1″S 115°08’36.3″E atau pada ketinggian 1442 MDPL dalam keadaan selamat. Selanjutnya tim SAR gabungan mengevakuasi korban dan tiba di posko pada pukul 12.45 Wita.

Selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan unsur SAR dari Basarnas Bali, Dit Samapta Polda Bali, Polres Tabanan, Polsek Baturiti, BPBD Tabanan, Potensi Sardog Bali, Potensi Bhuana Bali Rescue, Potensi SAI Rescue, pemandu Lokal, pemandu Gauri Rescue serta pihak keluarga korban. (CB.1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button